Jumat, 20 April 2012

Kandidat ketum IMM diimbau berkompetisi jujur



Jakarta (ANTARA News) - Panitia Pusat Muktamar XV Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) mengimbau semua kandidat ketua umum DPP IMM berkompetisi secara jujur (fair) dan ksatria.

"Kami meminta elit partai politik untuk tidak terlibat dalam menyukseskan salah satu calon kandidat," kata Ketua Panitia Pemilihan Ketum DPP IMM, Amirullah Hidayat, dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Jumat.

Ada sembilan kader IMM bakal meramaikan bursa ketua umum DPP IMM 2012--2014 pada Muktamar yang akan diselenggarakan di Medan pada 28 April--2 Maret mendatang. Mereka adalah Fajlurrahman Jurdi, Fahman Habibie, Jefrizal, Jihadul Mubarak, Muhammad Sukron, Naswardi, Razikin Juraid, Ulul Azmi dan Zaidi Basiturrazak.

Amrullah mengimbau semua calon berkompetisi dengan semangat imunitas dari kepentingan eksternal dari kekuatan-kekuatan politik yang sebenarnya berupaya mengkooptasi IMM.

"Kompetisi harus dilandasi semangat fairness," ujarnya.

Sebagai gerakan mahasiswa, kata Amirullah, IMM harus tetap menjadi kekuatan kritis dan bebas dari kooptasi partai politik, apalagi IMM berada dalam naungan Muhammadiyah yang berlandaskan dakwah dan terus terjaga moralitas politiknya hingga saat ini.

Oleh karena itu, kata Aminullah, bila terbukti benar kandidat ketua umum melakukan transaksi dengan parpol tertentu, maka Panitia Pemilihan akan mendiskualifikasinya dari daftar calon, karena hal itu melanggar khittah IMM dan Persyarikatan Muhammadiyah.

"Kesuksesan Muktamar merupakan keniscayaan, agar menghasilkan pemikiran dan gagasan kebangsaan yang kontributif, serta kepemimpinan IMM ke depan yang makin progresif," tambah Sekretaris Panitia Pusat Muktamar, Supriadi Djae yang menemani Amirullah.

Muktamar sendiri akan diikuti 31 DPD dan 186 Pimpinan Cabang IMM se-Indonesia dengan jumlah peserta lebih dari 500 orang dan sekitar 3.000 penggembira.

Terkait dengan kontestasi kandidat ketua umum periode 2012-2014, Supriadi mengatakan, panitia memandang positif dengan jumlah calon sebanyak 9 orang. Jumlah kandidat sebanyak itu tentu merupakan pertanda positif bagi kepemimpinan IMM ke depan yang makin kompetitf dan progresif.(*)

Editor: Ruslan Burhani

0 komentar:

Posting Komentar